Cara Menggunakan Chat GPT- 4 Prompts agar Hasilnya Luar Biasa

Cara menggunakan Chat GPT

Halo Mantra Mania,Perkembangan teknologi AI (Artificial Intelligence) di dunia sudah sangat cukup signifikan. Salah satunya hasil dari perkembangan teknologi AI adalah Chat GPT, Chat GPT telah mengalami beberapa perubahan versi dan versi paling terbaru adalah Chat GPT-4 Merupakan Versi terbaru dari dari Versi GPT 3.5. Perbedaan yang paling signifikan adalah hasil luar biasa akan jawab pertanyaan ke Chat GPT-4. Dalam artikel ini Si Prompts akan menjelaskan bagaimana menggunakan Chat GPT-4 agar bisa mendapatkan hasil yang luar biasa melalui Prompts mengkutip dari news.microsoft.com

Jennifer Marsman, principal engineer in Microsoft’s Office of the Chief Technology Officer. Berkata “Writing good prompts is the key to unlocking the power and potential of generative AI,”

Oleh karena itu, kita bahas apa itu istilah Prompts di dalam AI

Apa itu Prompts di dalam dunia AI?

Prompts adalah kunci penting dalam menggunakan GPT-4. dengan menggunakan mantra kamu dapat memaksimalkan kinerja dari GPT-4. Dengan memasukkan mantra sepotong teks (prompts) ke dalam GPT-4 akan menghasilkan respons AI. Dengan kata lain, proses pembuatan teks input di GPT-4 dikenal dengan mantra (prompts).

Kamu dapat membuat mantra (prompts) dengan memberikan pertanyaan, pernyataan, cerita pendek, tugas (task), atau sebuah topik. Memberikan mantra (prompts) yang baik harus spesifik, detail, jelas sehingga menjadi latar belakang yang cukup untuk GPT-4 untuk memahami topik dan memberikan jawaban yang optimal.

Sebagai contoh, jawaban dari “Apakah peran digital marketing terhadap pertumbuhan perusahaan/organisasi?” akan lebih spesifik ketimbang pertanyaan “Apa peran dari digital marketing?”

Melalui mantra (prompts) bisa memberikan jawaban atas pertanyaan “Buatkan sebuah daily task dari seorang SEO Specialist saat bekerja?” cara menulis sebuah prompts sangat menentukan sebuah hasil, karena setiap kata yang kita tanyakan menjadi latar belakang GPT-4 memberikan respon yang akurat.

Tipe dari Mantra (Prompts) AI

Sekarang kita akan membahas lebih lanjut tentang mantra (prompts), dan sebagai awal permulaan berikut adalah beberapa mantra yang sering digunakan dalam model AI yang berbasis teks seperti GPT-2 dan GPT-3.

A. Mantra Pertanyaan (Question Prompts).

Menggunakan sebuah mantra (prompts) untuk mendapatkan jawaban atas pertanyaan, contoh “Berapa Gaji SEO Specialist di Jakarta?” atau “Beberapa hal yang menjadi perhatian dalam menjalankan Google Ads oleh seorang Digital Marketing?”

B. Mantra Petunjuk Penyelesaian (Completion prompts)

Perintah memberikan sepotong teks agar GPT-4 dapat memberikan jawaban penyelesaiannya, misalnya “Pengertian Schema markup adalah . . .” atau “Sepakbola menurut sejarah . . .”

C. Mantra Percakapan (Dialog Prompts)

Serangkaian Perintah atau Instruksi dalam bentuk pertanyaan yang Anda berikan kepada model Chat GPT 4 agar model tersebut dapat menghasilkan respons atau balasan yang sesuai dengan topik atau konteks yang Anda inginkan dalam percakapan. Menggunakan Dialog prompts untuk mengarahkan interaksi dengan model dan mendapatkan jawaban yang relevan. Misalnya “ Halo, saya ingin mendapatkan rekomendasi tempat makan enak di Yogyakarta. Apa yang bisa Anda rekomendasikan?”

D. Mantra Cerita (Story Prompts)

Menggunakan petunjuk untuk memulai atau merangsang pembuatan cerita atau narasi oleh model AI seperti Chat GPT 4. Mantra cerita membantu model untuk menghasilkan cerita fiksi atau narasi kreatif sesuai dengan topik atau konsep yang anda perintahkan. Misalnya,

“Bagus adalah seorang peneliti arkeologi, suatu saat dia pergi ke dunia lain, yang mana dunia tersebut sangat maju, ceritakan konflik yang mungkin akan terjadi di Bagus dalam bentuk Cerita Sci-Fi”

E. Mantra yang Kreatif (Creative Prompts)

Intruksi atau perintah untuk menginspirasi kreativitas dalam pembuatan konten, karya seni, atau pemikiran kreatif. yang mana sering digunakan di DALL- E, misalnya,

“Buatlah lukisan abstrak yang mencerminkan perasaan kegembiraan tanpa menggunakan bentuk atau garis yang terdefinisi. Gunakan warna-warna terang dan gelap untuk mengungkapkan emosi Anda”

Tips membuat Prompts yang dapat menghasilkan hasil yang luar biasa

Memberikan prompts di Chat GPT 4 memerlukan perhatian khusus untuk memastikan hasil yang dihasilkan sesuai dengan ekspektasi Anda. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti saat menulis prompts di Chat GPT-4:

1. Pilih Topik dan Tujuan yang detail

Tentukan topik atau tujuan percakapan yang ingin Anda eksplorasi atau hasilkan dengan Chat GPT-4l. Ini akan membantu Anda mengarahkan interaksi dan memastikan respons yang relevan serta spesifik.


2. Tentukan Gaya dan Tone

Tambahkan perintah gaya penulisan sehingga hasil bisa seperti yang anda inginkan. Apakah Anda ingin hasil menjadi formal, informal, ilmiah, atau kreatif? Pastikan prompts Anda mencerminkan gaya dan tone yang diinginkan.


3. Jelaskan Konteks

Saat Anda mulai menulis prompts, berikan konteks yang jelas kepada model. Ini bisa berupa informasi tentang Audience/pembaca (misalnya, “Pembaca adalah seorang pekerja kantoran yang santai”) atau situasi (misalnya, “Saat ini sedang terjadi hujan lebat di luar”). Konteks membantu model memahami konteks percakapan dan merespons dengan tepat.

4. Gunakan Pertanyaan Spesifik

Jika Anda ingin mendapatkan informasi atau jawaban yang spesifik, sertakan pertanyaan yang jelas dan terarah. Hindari pertanyaan terlalu umum yang dapat menghasilkan respons yang ambigu.


5. Gunakan Petunjuk Menarik

Buat prompts yang menarik dan mendorong pemikiran kreatif. Petunjuk yang menantang atau misterius sering kali menghasilkan respons yang lebih menarik.


6. Berikan Panduan Tambahan

Jika diperlukan, Anda dapat memberikan panduan tambahan atau batasan kepada model. Misalnya, “Tulis cerita pendek yang tidak lebih dari 300 kata/karakter,” atau “Beri tahu saya tentang manfaat dan risiko teknologi AI.”


7. Periksa Ulang dan Koreksi

Setelah menulis prompts, periksa ulang untuk memastikan bahwa mereka bebas dari kesalahan tata bahasa dan ejaan. Respons yang dihasilkan akan lebih baik jika prompt-nya ditulis dengan benar.

8. Test test dan test

Jika respons yang dihasilkan tidak sesuai dengan harapan Anda, jangan ragu untuk mencoba prompts yang berbeda atau merevisi prompts yang ada. Eksperimen adalah bagian penting dari menggunakan model AI untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.


9.Mengelola Panjang dan Detail

Pertimbangkan panjang prompts Anda. Jika prompts terlalu panjang atau terlalu rinci, responsnya mungkin menjadi terlalu kompleks. Jika prompts terlalu singkat, responsnya mungkin terlalu umum.


10. Perbaiki Hasil Respons

Setelah menerima hasil respons dari model, Anda dapat memperbaiki atau menyempurnakan respons tersebut sesuai kebutuhan. Jika ada bagian yang tidak sesuai atau perlu klarifikasi, Anda dapat menambahkan prompts tambahan untuk menjelaskannya. “Misalkan buat lebih detail tentang penjelasan tersebut”

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat menulis prompts yang efektif untuk berinteraksi dengan Chat GPT dan mendapatkan respons yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Selalu eksperimen dan beri kesempatan untuk merancang percakapan dengan hasil yang lebih baik.

Pertanyaan yang Sering Diajukan (FAQs)

Mengapa Menulis Petunjuk Teks (Prompts) AI yang Berkualitas Sangat Penting?

Petunjuk teks AI yang baik membantu meningkatkan akurasi dan relevansi output model, sehingga membuatnya lebih berguna dan bernilai bagi audiens yang dituju.

Apa Pedoman dalam Menulis Petunjuk Teks AI yang Baik?

Beberapa aturan yang penting adalah mengetahui apa yang bisa dan tidak bisa dilakukan oleh model AI, memikirkan konteks dan audiens untuk petunjuk tersebut, menggunakan bahasa yang jelas, detail dan spesifik, serta menguji dan mengubah petunjuk tersebut. Sehingga memberikan hasil yang maksimal

Apakah Petunjuk Teks AI Bisa Digunakan untuk Semua Jenis Model AI?

Petunjuk teks AI dapat digunakan dengan berbagai jenis model AI yang menghasilkan teks sebagai output, seperti model bahasa, chatbot, dan model pembelajaran mesin (Machine Learning)

Kuntho Tegar
Join me on this journey where we navigate the digital landscape with a smile, one SEO strategy at a time, while exploring the exciting world of AI. Let's optimize the web and share some laughs along the way!"